Assalamualaikuum

Welcome! Selamat Datang! Sugeng Rawuh!

disini aku bercerita, bercita dan bercinta bersama kata.

tak ada yang perlu kusembunyikan dan kututupi dari dunia, aku percaya saat aku bercerita hal besar padanya, dunia akan menceritakan hal dahsyat padaku.

cita citaku sepenuhnya ada padanya, kata. aku percaya melebihi apapun, kami akan selalu bersama.

aku tak percaya cinta pada pandangan pertama, tapi aku percaya cinta pada kenyamanan pertama. tak ada yang lebih membuatku nyaman kecuali kata.

Minggu, 15 Januari 2012


Hanya Jogja yang punya…
Sekilas berita (?)
Kamis, 12 Januari 2012. Sekitar jam 8 malam, pemilik kos mendatangi anak” yang lagi nongkrong didepan pintu kamarku, mbah kos ngasih tau kalo malem itu ada upacara arak arakan BEKAKAK. Nama acaranya SAPARAN. Setelah memberikan penjelasan yang nggak jelas (?) akhirnya Aku, Mutya, Arin setuju buat ke TKP langsung buat liat.
Well, nggak di nyanya.. jalanan udah padat merayap. Kaya orang mau liat karnaval gitu, tapi ini malem. tambah penasaran deh..

Setelah menemukan tempat yang agak longggar, kita bisa liat kalau dilapangan rameee banget. Semacam ada pasar malam gitu.
Tiba tiba seorang satpam datengin kita “mbak mau masuk atau liat disini?” Tanya bapak satpan yang matanya sumpah gede banget. Dan kumisnya persis tukang jualan sate Madura.
            Aku dan temen temenku bingung mau gimana karena emang kita nggah ngeh sejak awal. “disini aja pak”
Mata bapaknya membelalak. E e e, ternyata itu tempat buat ritualnya. Hahaha…. Diusir lah jelas =,= aneh. Setelah terusir, kita ngikut gaya orang orang deh… naruh motor ke parkiran lalu berdiri di sepanjang jalan, ikut nunggu arak arakan lewat.
            Setelah satu jam lebih nunggu akhirnya yang ditunggu“ dateng. Dan sekejap suasana berubah mistik. Hiiiiii…. Baunya melati, sumpah. Wangiiii banget. Aku curiga tu orang orang pasti pada nyemprotin parfum seliter ke baju masing masing =,=
            Barisan diawali oleh mobil polisi yang cerewet abis itu, masak nguing nguing sepanjang jalan. Trus juga ada lampunya muter” diatas mobil.. biru pula. Hazzz….bikin sakit mata bapak…
Lalu diikuti perawan” Bantul yang jalan tanpa alas kaki alias nyeker, berbalut rok batik dan kaos hitam. Mereka nyebar bunga bungaan gitu. Eh kena Aku ma Mutya, spontan kita teriak. Masak bapak” disekitar kami bilang ‘Itu yang kena cepat dapet jodoh lo mbak’. Gubrak.. glodak glodak… oh iya selain bunga mereka juga bawa dupa yang dibakar gitu, baunya…. Kaga nahaaaan..
Dilanjutkan barisan tombak, lalu punggawa keraton (yang berdandan jogja buanget. Bahkan ada yang udah super duper tua loh. Salut salut), barisan benda” tajam keraton (aku nggak tau itu apa), ada reog (I don’t know how could it be, kok dari ponorogo pada maen ke jogja gitu reognya ), barisan gamelan jawa yang OMG mrinding gila saat mereka lewat, lalu berisan bekakak(lebih dikenal dengan sebutan sesaji. Tapi ada yang special loh, unik. Sesajinya dibentuk mirip pengantin). Ada 3 atau 4 pasang pengantin kalo nggak salah). Dibelakangnya… karena sudah modern mungkin ya… ada dangdut yang penyanyinya asoy abis :o. kemudian… dtutup oleh barisan gendruo/genderuwo/hantu, semacam ogoh ogoh tapi khas jogja. Berpasangan, warnanya hitam, yang bawa udah kerasukan gitu… haz…. Pas lewat didepan kami, si gendruo mepet ke aku padahal belakangku udah sungai. Aduh duh duh… badanku adem panas, akhirnya sama beberapa orang gendrowo nya diputer badannya. Hupt… takuuuuuut banget. Ngeriiiii.
Arak arakan yang nggak terlalu panjang itu habis, diteuskan dengan upacara MANTENAN BEKAKAK. Tapi… karena udah jam 10 lebih, aku, mutya, arin.. yang notabene cewe semua dan imut imut.. mutusin buat pulang aja. Takut.
Sampai di kos, kita masih bisa denger nyanyian khas jawa dan suara lelaki yang ngomong kaya MC di upacara penikahan gitu. And the strangest, mereka juga berdoa ala orang islam layaknya.
            Well. Keesokan harinya, semua itu akan diarak lagi dengan jalur yang berbeda (kali ini lewat depan kosku) tapii pasukannya lebih banyak dan lebih panjang. Sayang sekali hari itu aku ada acara mendadak (baca : makan duren), jadi nggak bisa liat deh
            Sekian sekian sekian.. dilaporkan dari Jogja :D





NB :Gambarnya aku search di google sodara sodara...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya :) semoga dengan membaca blog saya, teman teman mendapatkan sesuatu yang baik. Silahkan tinggalkan komentar :)